Pentingnya Menguasai Percakapan Bahasa Inggris

 

Selamat malam sahabat The Benefit English Course, masih semangat kan kursus bahasa inggris di kampung inggris pare? Ya, selamat menikmati senangnya belajar bahasa inggris di kampung inggris pare ya! Kali ini tim admin akan membahas tentang Pentingnya Menguasai Percakapan Bahasa Inggris! Baik, langsung saja ya kita simak, mengapa sih kok penting sekali menguasai percakapan bahasa inggris? Di zaman modern seperti ini, Bahasa Inggris sudah menjadi bahasa internasional, menjadi bahasa utama untuk komunikasi antar negara. Bahasa Inggris seakan sudah menjadi kewajiban bagi orang-orang untuk berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Semuanya serba berbahasa Inggris, mulai dari iklan, aplikasi pada smartphone, acara televisi, hingga percakapan sehari-hari diimbuhi oleh beberapa kata dari bahasa Inggris. Lagu-lagu yang berasal dari dalam maupun luar negeri yang saat ini diputar kebanyakan berbahasa Inggris.

 

Perusahaan-perusahaan kini mulai membutuhkan orang-orang yang bisa bahkan fasih dalam berbahasa Inggris untuk diterima di perusahaan mereka. Perusahaan besar sudah tidak bermain dalam tingkat nasional lagi, melainkan internasional. Mereka butuh seseorang yang bisa berkomunikasi dengan klien di luar negeri sana dengan bahasa Inggris. Untuk bertransaksi pun mereka pun sudah menggunakan bahasa Inggris kepada para investor diluar negeri sana.
Apa jadinya kalau kita tidak menguasai percakapan dalam Bahasa Inggris? Tentunya akan terjadi kesalahpahaman dalam berkomunikasi atau disebut juga miss communication. Perbedaan bahasa yang ada secara tidak langsung memaksa kita untuk mempelajari bahasa yang universal, yaitu bahasa Inggris. Oleh karena itu, sangatlah penting dalam menguasai bahasa Inggris, terutama dalam percakapan (conversation). Komunikasi merupakan hal yang penting agar dapat saling bertukar informasi.

 

percakapan bahasa inggris

 

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menguasai Bahasa Inggris; otodidak dan melalui kursus. Jika otodidak belajar dari kata-kata yang biasa digunakan di percakapan sehari-hari, berbicara langsung dengan orang asing (stranger) di luar negeri melalui beberapa situs yang menyediakan sarana chatting. Biasanya mereka menggunakan bahasa yang ringan dan mudah dipahami untuk percakapan sehari-hari. Ada beberapa tips jika kamu ingin belajar secara otodidak. Yaitu:

  1. Menguasai vocabulary
    Mulailah belajar vocabulary atau kata benda dari benda-benda sekelilingmu dan kata kerja yang biasa dipakai sehari-hari. Jika kamu menemukan ungkapan-ungkapan baru, segera cata di catatanmu atau smartphonemu karena kemampuan mengingat akan lebih tajam ketika kita menuliskannya. Jangan hanya dicatat, tapi pratekkan juga kata-kata tersebut di percakapan sehari-harimu.
  2. Jangan terpaku pada grammar
    Grammar memang terbilang penting, namun kalau kamu ingin fasih serta lancar dalam berbahasa Inggris jangan terlalu terpaku dengan grammar. Saat kamu berbicara bahasa inggris dengan orang asing, katakan apa saja yang ada di dalam kepalamu, ekspresikan kata-kata dan kalimat yang ingin kamu ungkapkan. Walaupun salah, mereka tidak akan mengoreksimu jika terlalu asik berbicara denganmu. Kalaupun ada, mereka akan membantumu memperbaiki grammarmu dengan perlahan. So, let’s forget about the grammar while we’re talking.
  3. Reading dan listening saja tidak cukup
    Membaca buku yang berbahasa Inggris sangat membantu untuk menambah pengetahuan kamu tentang frasa dan kalimat-kalimat yang biasa digunakan dalam Bahasa Inggris. Mendengarkan lagu-lagu yang berbahasa Inggris juga dapat membantu kita untuk mengetahui bahasa sehari-hari yang digunakan dan juga cara pengucapannya. Namun hanya dengan melakukan kedua hal tersebut saja tidak akan cukup, tanpa mempraktekkan kemampuan berbicara kamu. Sama seperti kamu hanya belajar teorinya saja tanpa melakukan prakteknya.
  4. Jangan menerjemahkan per kata
    Jangan terpaku dengan bahasa ibu “mother tongue” yang kita gunakan sehari-hari sehingga pengucapan Bahasa Inggris kita pun jadinya terlalu “Indonesia”. Setiap bahasa memiliki tata bahasanya masing-masing dan sudah jelas susunan kata untuk menjadi sebuah kalimat akan berbeda-beda. Caranya adalah dengan menguasai frasa dan kalimat yang sering kamu dengarkan, jangan mencoba menggabungkan kata satu persatu karena itu akan membuatmu bingung. Nantinya ketika kamu sudah menguasai beberapa kalimat dan frasa, maka yang akan kamu ucapkan akan keluar dengan sendirinya.

Bagi kamu yang kesulitan dalam belajar otodidak dapat mengikuti kursus Bahasa Inggris. Ada solusi nih! The Benefit English Course selaku lembaga penyedia kursus Bahasa Inggris menyediakan berbagai kelas yang mengasah kemampuan berbahasa Inggrismu. Kelas Pronunciation akan membantu pelafalan Bahasa Inggrismu, kelas Talk to Stranger akan membantu percakapanmu dengan orang asing dan jika kamu ingin meningkatkan grammarmu, kelas GRANAT akan cocok buat kamu. Cek paket kampung inggris pare The Benefit English Course untuk lebih lengkapnya! Buruan daftar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *