5 Tips Sukses TOEFL

Halo sahabat The Benefit English Course! Tetap semangat kursus bahasa inggris di kampung inggris pare ya! Kali ini tim admin akan berbagi mengenai 5 tips sukses toefl, langsung saja deh, simak baik-baik ya. TOEFL (Test of English as Foreign Language) memang sudah dikenal sebagai tes dengan tingkat kesulitannya yang bisa dikatakan cukup tinggi. Bayangkan, kamu hanya punya waktu sekitar 120 menit untuk 140 soal. Tentunya soal yang disediakan bukan seperti soal-soal yang dikeluarkan di sekolah. Soal-soal yang dikeluarkan kebanyakan berhubungan dengan grammar dan tenses. Ada 3 bagian dalam tes TOEFL; speaking, writing dan listening. Semuanya membutuhkan pemahaman yang baik dalam bahasa Inggris.

tips sukses toefl

Tes TOEFL penting untuk diikuti karena biasanya merupakan syarat untuk masuk ke perguruan tinggi internasional, lulus dari perguruan tinggi tertentu, untuk mendapatkan beasiswa dalam negeri, untuk mendapat beasiswa ke luar negeri bahkan untuk melamar pekerjaan atau mendapatkan promosi biasanya dibutuhkan nilai dari tes TOEFL. Biasanya dibutuhkan skor sekitar 500 untuk dapat memenuhi berbagai persyaratan diatas. Namun kini sudah mulai ditingkatkan menjadi 600. Hal ini terjadi karena semakin berkembangnya teknologi dan semakin di butuhkan juga orang-orang yang lebih fasih dalam berbahasa Inggris sebagai bahasa universal. Oleh karena itu diperlukan persiapan yang matang agar dapat melewati tes TOEFL dengan baik.

toefl pass picture

Jika kamu belum siap, ini ada 5 tips untuk sukses tes TOEFL:

  1. Belajar beberapa hari sebelum hari tes
    Pelajari materi-materi untuk tes TOEFL sejak jauh-jauh hari. Jangan belajar sehari sebelum tes (sistem kebut semalam) karena tidak efektif dan pada keesokan harinya akan lupa semua (blank) dengan yang kamu pelajari malamnya. Ada baiknya dilakukan secara rutin setiap harinya daripada diakhir-akhir menjelang tes berlangsung. Biasanya materi yang rutin dipelajari akan lebih mudah diingat daripada yang mendadak dipelajari.
  2. Awali dengan doa
    Jangan lupa berdoa di awal. Semua yang diawali dengan doa akan berjalan dengan lancar nantinya. Jangan lupa bahwa Tuhan juga membantumu dalam mengerjakan tes TOEFL. Faktor ini juga akan mempengaruhi hasil akhir skor TOEFL kamu nantinya.
  3. Kerjakan soal yang mudah dulu
    Tinggalkan soal yang menurutmu susah untuk dikerjakan di akhir dan kerjakan soal yang gampang karena cepat diselesaikan. Ini akan memberikanmu waktu lebih untuk dipakai saat mengerjakan soal yang menurutmu sulit.
  4. Kerjakan dengan tenang dan teliti
    Jangan tergesa-gesa dalam mengerjakan soal, tetap tenang. Jangan juga terlalu pelan dalam mengerjakan soal, karena jika dihitung 1 soal hanya mempunyai jatah waktu sekitar 1 menit untuk dijawab. Teliti juga soal, jangan sampai terkecoh karena soal-soal pada tes TOEFL biasanya banyak sekali yang menjebak.
  5. Jangan ada soal yang tidak terisi
    Teliti kembali dan jika ada soal yang sulit diakhir waktu atau ada soal yang terlewat, jangan biarkan kosong! Coba keberuntunganmu disini karena jika jawabanmu salah, tidak ada pengurangan poin. Tetaplah diisi walaupun menurutmu jawabanmu tidak akan benar. Tidak ada yang tahu kan bisa saja nantinya jawabanmu tersebut ternyata benar.

Kamu bisa mengikuti kursus jika kamu masih merasa kemampuan untuk tes TOEFL masih dibawah. Beberapa kursus akan menyediakan kelas khusus untuk yang ingin mengikuti tes TOEFL. The Benefit sebagai kurus bahasa Inggris di Pare menyediakan berbagai macam program atau paket belajar di kampung inggris pare untuk menunjang kemampuan kamu untuk menghadapi tes TOEFL. Kelas Vocabulary akan menambah pembendaharaan kata dalam bahasa Inggrismu dan kelas GRANAT (Grammar Naturally) membantu kamu dalam menghadapi grammar-grammar yang akan keluar saat tes TOEFL nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *